Senin, 10 Oktober 2011

Mukaddimah

Bismillahhirrahmanirrahim
Alhamdulillah, saat ini saya bisa membuat sebuah blog yang membahas materi-materi fisika dan matematika sma. semoga blog ini bermanfaat bagi teman-teman di sma yang akan menempuh UN tahun ini dan ujian masuk perguruan tinggi, terutama teman-teman yang saya ajar, baik di bimbel ataupun privat, dan juga teman-teman pengajar fisika.
Saya fokuskan soal-soal yang diposting adalah untuk persiapan UN ataupun ujian masuk perguruan tinggi.
Semoga Allah meberi kita kesuksesan, amin

Silahkan mencoba paket soal pertama.


  1. Dimensi dari gaya adalah….
  2. Sebuah benda massanya 1 Kg dari keadaan diam mendapat percepatan 2 m/s2. Berapakah jarak yang ditempuh benda setelah 10 s & berapa gaya yang bekerja padanya?
  3.  Termometer x menunjukkan angka -20 saat es membeku dan 80 saat air mendidih. Maka 60 x sema dengan …0C
  4. Hambatan pengganti rangkaian di bawah ini adalah…
  5.  Dua lampu A dan B masing-masing 60 W, 220V dan 40 W, 220 V. jika keduanya dirangkai pararel dan keduanya menyala dengan normal, maka hambatan pengantinya adalah….
  6. Seberkas sinar akan mengalami pemantulan sempurna jika bergerak dari ……. Ke ….
  7. Bayangan maya yang terbentuk oleh sebuah cermin cekung tiga kali lebih besar dar bendanya. Bila jarak fokus cermin adalah 20 cm, maka jarak benda di depan cermin adlah….
  8. Sebuah lensa bikonveks yang berjari-jari 30 cm dan 20 cm memiliki indeks bias 1,5 di udara. Jarak fokus lensa tersebut adalah…
  9.  Sebuah benda bergerak dengan persamaan lintasan y=27t-t3. (y dalam arah vertikal). Berapakah tinggi maksimum yang dicapainya? Dan berapa kecepatannya saat t = 10 s?
  10. Sebuah bola ditendang dengan kecepatan awal 20 m/s  dan memiliki jangkauan 10√2 m. berapakah waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tinggi maksimum?
  11. Sebuah benda 5 Kg digantung pada pegas sehingga pegas bertambah panjang 1 cm. berapakah tetapan pegas itu?
  12. Sebuah benda  yang jatuh bebas dari ketinggian 10 m dari tanah. berapakah kecepatannya saat 5 m dari tanah?
  13.  Pegas yang memiliki tetapan 100 N/m memiliki amplitudo 4 cm oleh beban 40 gram. berapakah periodenya dan energi potensialnya?
  14. Sebuah benda bermassa 4 Kg mendapat gaya 12 N sehingga kecepatannya  bertambah dari 10 m/s menjadi 18 m/s. berapa lama gaya itu bekerja pada benda tersebut?
  15. Sebuah mesin karnot memiliki resevoir panas bersuhu 400 K memiliki efisiensi 40%. Jika suhu resevoir panas tersebut dinaikan menjadi 640 K, maka efisiesnsinya sekarang?
  16. Sebuah gelombang elektromagnetik memiliki memiliki komponen medang makneg maksimum 5x104 T. berapakah medan listrik maksimumnya?
  17. Dua buah muatan masing-masing 20 µC dan 45 µC terpisah sejauh 10 cm. tentukan di antara keduanya yang memiliki medang listrik nol.
  18. Tiga buah kapasitor masing-masing 4µ F, 2 µF dan 12 µF. tentukan perbandinga kapasitansi pengganti jika ketiganya disusun seri dan pararel.
  19. Sebuah hambatan 100 ohm, kapasitor 20 µF dan induktor 0,5 H disusun seri dan dihubungkan dengan sebuah sumber arus bolak-balik. Berapakah resistansi rangkaian itu?
  20. Waktu paro sebuah isotop radioaktif adalah 600 tahun. Berapakah waktu yang dibutuhkan agar isotop itu meluruh ¾ bagiannya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar